Kamis, 02 Desember 2010

16 DESEMBER 1970

. Kamis, 02 Desember 2010

Dengan dikeluarkannya Undang-Undang No. 8 Tahun 1965, sebenarnya secara yuridis formal Kotamadya Solok bersama dengan 4 buah kotamadya lainnya di Sumatera Tengah telah resmi terbentuk. Akan tetapi disebabkan oleh beberapa hal realisasinya baru terlaksana pada tanggal 16 Desember 1970 oleh Mentri Dalam Negeri dengan peraturan No. 8 Tahun 1970. Pada saat yang sama telah pula dilantik pejabat Walikotamadya Kepala Daerah yang pertama.

Secara resmi Kantor Balaikota Solok telah dibuka pada tanggal 21 Desmber 1970 dan mulai saat itulah Pemerintah Kotamadya Solok telah mulai memberikan pelayanan kepada masyarakat dan berangsur-angsur diusahakan penyempurnaan aparat dan fasilitas bagi kelancaran jalannya roda pemerintah.

Itulah sedikit kita coba refleksikan kembali lahirnya Kota Solok secara yuridis, sekarang sudah 40 tahun berlalu sebuah usia yang cukup matang untuk ukuran sebuah kota. Berbagai acara disiapkan untuk menyambut hari ulang tahun tersebut. Sebagian masyarakat menyambut antusias perayaan ulang tahun itu, tapi tak sedikit yang tidak mau tahu dengan perkembangan kotanya. Masyarakat kota ini berkembang dengan cepat, lebih cepat dari ketersediaan infrastruktur untuk kehidupan masyarakat modern.

Banyak masalah yang dihadapi Kota Solok pada usianya yang ke 40. Sebagai sebuah kota yang menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, Kota Solok tidak akan pernah bisa menyelesaikan permasalahannya sendiri. Masalah yang berkaitan dengan hajat hidup masyarakat tidak bisa hanya diselesaikan di tingkat kota. Meskipun demikian, bukan berarti tidak ada yang bisa dilakukan, bahkan banyak yang bisa diperbuat untuk membantu kesulitan masyarakat. Dengan kemampuan yang dimiliki, pemerintah daerah bisa sedikit meringankan beban masyarakat. Pada ulang tahun yang ke-40 ini, perlu sebuah perenungan, apa yang sudah dilakukan untuk masyarakat.
Kota Solok merayakan Ulang Tahunnya yang ke 40. Dari sejarahnya, kota ini baru diresmikan sebagai kotamadya pada tanggal 16 Desember 1970. Itu adalah peristiwa penting yang sekarang ini kita tengah merayakannya. Salah satu ukuran makna perayaan ini adalah, sejauh mana komitmen kita dalam memajukan kota Solok hingga menyala lebih terang di antara kota – kota yang lain. Kota Solok yang memiliki riwayat kehebatan masa lalu menegaskan kepada kita semua bahwa walaupun kota ini adalah kota kecil tetapi menyimpan segudang potensi. Mulai dari potensi budaya, pendidikan, wisata, hingga potensi demokrasinya, di mana masyarakat kota solok bisa hidup damai dan toleran di tengah-tengah masyarakat yang beranekaragam.

Dari potensi itulah maka pembangunan Kota Solok harus cepat dan nyata. Kota sehebat ini tidak bisa dibangun dengan konsep yang setengah-setengah. Karena perkembangan jaman demikian deras melaju dan arus globalisasi menderu kencang seperti badai. Kota Solok harus tegar kokoh dengan segala potensi dan infrastrukturnya sehingga ketika badai perubahan datang menghantam kota kita tetap tangguh berdiri bak karang dilautan, yang tak roboh diterjang ombak.
Sudah banyak mungkin prestasi berhasil diraih oleh Kota Solok beberapa tahun terakhir ini dan merupakan buah dari kerja keras kita bersama. Raihan prestasi yang didapatkan oleh kota adalah bukti pengakuan negara. Kita semua bersyukur dan bangga sekali. Rasa bangga ini kemudian kita jadikan sebagai energi baru untuk mendorong semangat baru dalam kembali bekerja keras membangun masa depan kota Solok. Kita rayakan hari jadi kota Solok ini dengan gembira, namun kita tetap selalu ingat bahwa hari esok masih panjang. Esensi dari perayaan ulang tahun adalah, kita renungkan apa yang pernah kita lalukan di masa lalu, kita cermati bagaimana problem yang berlalu, kita evaluasi apa capaian yang sempat kita raih, kemudian menjadikan semua itu sebagai pengalaman berharga untuk bekal melangkah ke masa yang akan datang. Ketika kita bisa mengambil hikmah dari jejak – jejak masa lalu, maka dalam melangkah ke depan kita bisa menemukan jalan yang mudah.

Ibaratkan sebuah kapal di tengah samudra nan luas, Kota Solok ini tengah berlayar dalam ayunan gelombang dan hempasan angin. Kita semua berada dalam bahtera ini, bekerja sama dan saling mengisi. Meskipun dengan cara yang berbeda, tujuan kita tetap sama, yaitu sesuai dengan slogan kita selama ini Solok Kota BERAS (Bersih, Elok, Aman dan Sejahtera). Selamat Ulang Tahun Kota Ku….

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
PASANG IKLAN DISINI. Silahkan Hubungi Kami 0813 74 991124
INDAHNYA KEBERSAMAAN

TERIMA KASIH atas kunjungan anda, Semoga Blog ini dapat menjadi media Penyerap, Penampung, Penyalur dan Memperjuangkan Aspirasi, sehingga kita semua dapat Mewujudkan Tatanan Kehidupan Masyarakat Yang Kritis Dan Dinamis Dalam Menggerakan Dinamika Pembangunan Yang Berlandaskan Pada Prinsip-Prinsip Pemerintahan Yang Baik Dan Bersih Di Bawah Ridho Allah SWT.
by : HERDIYULIS Anggota DPRD Kota Solok Periode 2009-2014 © 2009 Copyright